PENYELIDIKAN GEOTEKNIK ELECTRICAL RESISTIVITY




Di gambar 5 - 24 (c ) yang mengungkapkan dua diskontinuitas lereng kemiringan tajam. Berbagai awur electroda perluas digambarkan di gambar 5 - 24 (b ). sekali lagi diskontinuitas lereng kemiringan dapat dihubungkan dengan electroda menyeberangi kontak. Comparion dari satu = 1.0 dan satu = 2.0 geometri awur suggets bahwa memiringkan diskontinuitas untuk satu pengaturan jarak dari 1.25 hubungan dengan satu electroda arus menggerakkan ke seberang kontak vertikal. Untuk satu pengaturan jarak dari 4.0 m, satu electroda potensial menyeberangi kontak yang mana sesuai dengan slereng kemiringan detik discontinuity.although barangkali bukan sebagai dramatis sebagai resisvity membengkok diperoleh oleh costant mengawurkan menyilang, awur perluas membengkok pasti cukup perbedaan berdua untuk mendirikan presense dari satu perubahan cabang samping cepat di daya hambat dan untuk mendirikan layak dengan teliti lokasi dari perubahan.
Satu persilangan mengorientasi paraller ke satu kontak vertikal menempatkan dekat dengan kontak menghasilkan satu kurva yang sungguh serupa dengan satu dua kurva lapisan. Bagaimana mungkin kita menjelaskan perilaku ini ketika satu persilangan awur telah tetap bawa orientasi yang sama menghasilkan daya hambat nyata telah tetap hargai? Kontradiksi nampak ini mudah menjelaskan kalau kita mengingat bahwa permukaan ekwipotensial pada satu homogen, materi isotropis adalah setengah bola di bentuk. Ketika electroda adalah dekat dengan kontak kecuali diatur jarak sangat menutup bersama-sama sehubungan dengan jarak kontak, akibat dari bahan pada berlawanan sisi dari kontak akan minimal. Keadaan yang dapat disamakan ke yang gambarkan di figur 5 - 14 (satu ). Bagaimanapun, seperti pengaturan jarak electroda ditingkat, satu persentase lebih besar dari aliran arus tidak hanya menembus lebih sangat kecuali awur secara menyamping juga. Kalau satu hal yang kecil materi daya hambat berbeda dihadapi di arah cabang samping ini, kepadatan saat ini akan terpengaruh. Dengan demikian, daya hambat nilai apperent akan berganti juga.
Kalau kita mempergunakan konfigurasi di figur 5 - 24 (satu ), daya hambat ke hak dari kontak adalah rendah. Asumsikan kita menempatkan electroda kita sebagai terlihat, tapi berputar mereka 90 ° sehingga mereka garis lintang sejajar ke kontak. Satu bacaan inisial untuk satu kekecilan satu pengaturan jarak akan dekat dengan 100?. m. Saat kita meningkat pengaturan jarak electroda, daya hambat nyata akan turun sebagai arus lagi alir pada daya hambat lebih rendah kepadatan bahan dan saat ini di antara electroda potensial turun. Perilaku ini berlanjut saat electroda mengatur jarak banyak. Luas kemana daya hambat nyata menghargai pendekatan daya hambat dari bahan ke seberang kontak bergantung kepada jarak dari persilangan dari kontak. Kurva akhir untuk persilangan seperti itu melihat banyak seperti itu di figur 5 - 15 (b ).
DUA KONTAK VERTIKAL, STRUKTUR SETENGAH BOLA, DAN CELUPKAN ALAT PENGHUBUNG
Sungguh sial, di survei daya hambat ini tampak bahwa konfigurasi struktural dasar ali asal usul regquire dan aplikasi dari penyamaan terpisah. Banyak ini diperlakukan secara detil oleh beberapa daya hambat dasar teks mengutip pada akhir dari bab ini. Gol kita di bagian ini hanya untuk menunjuk beberapa ini geometri di bawah permukaan tanah yang lain dan untuk menekankan bahwa bahan kamu baru saja tercerna memperlengkapi kamu untuk meramalkan daya hambat nyata membengkok untuk geometri ini, kalau hanya pada satu cara disamaratakan.
Dua kontak vertikal
Pertama, biarkan s dengan singkat mempertimbangkan struktur yang digambarkan di figur 5 - 25 (satu ). Fitur ini dapat sama halnya dengan mudah dimasukkan satu tanggul vertikal, tapi kita lebih suka menekankan bahwa ini cukup dideskripsikan sebagai dua kontak vertikal. Penggunaan dari tanggul sabda mengenangkan tanah lapang berapi-api, tapi fitur ini dapat mewakili satu variasi cabang samping cepat di jenis endapan atau satu pemenuhan, zona –porosity tinggi dari brecciated bergoyang. Lebih penting, bagaimanapun,adalah penekanan pada ide dari dua kontak vertikal. Seperti kita telah ar akrab dengan akibat dari kontak vertikal sesuatu, kita mungkin meminta kalau kita dapat meramalkan efect dari dua kontak vertikal pada daya hambat nyata berkelok. Kalau lebar dari terbatasi fitur oleh kontak vertikal adalah besar membandingkan ke pengaturan jarak electroda, kemudian saat kita menyilang kontak dengan satu electroda awur telah tetap pengaturan,kita harus (1 ) lihat satu kurva dengan fitur similiar ke Figur itu 5 - 23 (c ) kalau kita sedang meneruskan dari daya hambat tinggi bahan ke materi daya hambat rendah dan (2 ) mengamati satu gambaran mencerminkan dari yang pertama posisi dari kurva seperti kita sekarang proses dari daya hambat rendah bahan ke materi daya hambat ketinggian (Gambarkan 5 - 25 (b ).




Tentu, ini adalah banyak juga satu pendekatan sederhana untuk menghasilkan apapun hasil kwantitatif kalau vertikal seperti itu mencirikan sebenarnya disilang. Bagaimanapun, kalau di kapan-kapan saja kamu mengamati satu kurva dengan bonggol yang terlihat seperti gambaran mencerminkan, kamu harus paling tidak kenali kemungkinan kemudian pencarian satu lebih perlakuan teoritis pada daya hambat elektrik daftar pustaka. Titik kita sini adalah daya hambat itu kurva masuk satu nampaknya keanekaragaman tanpa akhir dari bentuk, dan kamu tidak dapat berawal mengingat lebih dari beberapa dasar cirikan. Tapi kalau kamu menggenggam fitur penting dan perilaku dari beberapa kurva ketik (horisontal tunggal hubungkan, beberapa antarmuka horisontal, kontak vertikal), kamu pasti akan jadilah lebih efektif pada bidang ketika memerlukan buat electroda pengaturan jarak decisionsconcerning, silang jenis, dan silang arah.
Struktur setengah bola
Sejumlah konfigurasi di bawah permukaan tanah makin baik didekati oleh satu bentuk setengah bola dibandingkan kontak vertikal (Gambarkan 5 - 26). Satu alur sungai terlantar terisi dengan kerikil menggores ke dalam barang simpanan floodplain dari lanau dan lempung atau satu sinkhole di batu gamping terisi dengan dissimiliar bahan adalah dua contoh umum. Biarkan mengasumsikan kita cukup beruntung ke salib pusat dari suatu format demikian dengan satu persilangan awur telah tetap dan satu pengaturan jarak yang pada hakekatnya lebih kecil dibandingkan diameter dari bentuk setengah bola. Dapatkah kamu menggurati satu reprensentive membengkok untuk persilangan seperti itu?
            Sebenarnya, untuk mencoret penggunaan perkiraan, kita dapat pikiran dari hesmispherical membentuk sebagai dua kontak vertikal itu tidak meluas sangat jauh mengarah ke bawah. Saat kita menyeberangi masing-masing kontak, kita mengharapkan lihat kurva sedikit banyak similiar di bentuk ke kontak vertikal berkelok. Bagaimanapun, akibat dari Þ2 - materi adalah perangai oleh buat-buatan dari Þ2 - materi di bawah ini. Kalau persilangan yang potong bentuk setengah bola kecuali seberangi lebih dekat untuk tepinya, bilaterally symmetric membengkok bentuk masih akan jelas, tapi bonggol akan jadilah lebih bulat dan kurang pengucapan

MENCELUPKAN ALAT PENGHUBUNG
Karena akibat angka dari permutasi terlibat dengan silang ke seberang celupan antarmuka, kita akan membatasi bahasan ringkas ini ke satu spesifik comparison.our standar akan kontak vertikal( atau alat penghubung vertikal) berkelok di figur 5 - 23 (c ), yaitu direproduksi di figur 5 - 27 (b ). Bagaimana nantinya perubahan kurva ini kalau kita menurunkan celup ke 15º, seperti diagramed di figur 5 - 27 (satu )?
Kalau traves produceeds dari kiri ke kanan, daya hambat nyata menghargai approacihng p1 (100? m) akan dihadapi firts. Saat electroda menyeberangi kontak materi separanting p1 dari p2 bahan, kita harus mengharapkan perilaku serupa seperti diamati untuk kontak vertikal. Bagaimanapun, sehubungan dengan 15 °  celup, hanyalah satu baji tipis dari p2 - materi hadir dekat kontak. Ini akan mengurangi akibat dari lowr ini materi daya hambat, sehingga itu nilai daya hambat nyata akan higger sehubungan dengan itu untuk kontak vertikal juga, sebagai awur electroda menggerakkan lebih jauh ke segera dari kontak, penyusutan pada nilai daya hambat nyata tidak akan occoras dengan cepat. Karena p1 - materi masih adalah tidak jauh dari permukaan. Kalau kita menggurati satu penyajian kwalitatif di sini perilaku, kurva kita harus tampak,sedikit banyak serupa dengan tersebut.


No comments:

Post a Comment