Bismillahirrahmanirrahim...
"TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CHINA" China dalam arti kata di sini. yaitu Negara China, Negara Korea, Negara Jepang (menurut saya begitu..karena mirip-mirip sih) dan lihat saja apa yang mereka dapat dengan semua kerja keras mereka sungguh sangat dahsyat.
Beberapa
hari yang lalu saya mendengar berita tentang adanya Jembatan
penyeberangan yang dilakukan oleh China dengan Jembatan sepanjang 42,4
Km yang bisa Menghubungkan Kota Pantai Timur Qingdao dengan Huangdao di
Teluk Jiaozhou. Media
pemerintah, Kamis (30/6), melaporkan jembatan tersebut sudah lolos uji
bangunan dan dibuka untuk lalu-lintas umum hari Kamis.
Gambar 1. Foto dari Udara yang diambil oleh beberapa Media Massa di China |
Jembatan
terpanjang di dunia ini selesai dibangun di China setelah 4 tahun
pengerjaan. Jembatan ini memiliki panjang sekitar plus/minus 8 kali
panjang jembatan Suramadi di Jawa Timur, Indonesia, jembatan Suramadu
yang ada di Negara kita Indonesia hanya 5,4 km. dan jembatan Suramadu
juga juga didirikan oleh beberapa kontraktor gabungan baik dari
Perusahaan anak negeri dan Perusahaan China.
Kontraktor Proyek Suramadu :
yang di ambil dari http://www.suramadu.com
Sebagai pelaksana pekerjaan Causeway adalah =
Kontraktor Sisi Surabaya adalah
- Hutama Wijaya Agrabudi, JO, yang merupakan Joint Operation antara PT.Hutama Karya (BUMN), PT. Wijaya Karya (BUMN) dan PT. Agrabudi Karyamarga (BUMS)
Kontraktor Sisi Madura adalah
- Adhi - Waskita, JO, yang merupakan Joint Operation antara PT. Adhi Karya (BUMN) dan PT. Waskita Karya (BUMN)
Kontraktor Bentang Tengah adalah
- Pekerjaan bentang tengah terdiri dari Approach Bridge dan Main Span, yang pendanaannya berasal dari pinjaman China, pelaksanaan pekerjaan dibagi menjadi dua.
- Main Span (Cable Stayed) pelaksanaan pekerjaan adalah Consortium of Chinesse Contractors yang terdiri dari perusahaan China Road and Bridge Corporation (CRBC) dan China Harbour Engineering Consultant (CHEC).
- Approach bridge selaku kontraktor adalah perusahaan kontraktor BUMN Indonesia yang bergabung dalam Consortium of Indonesia Contractors (CIC) yang terdiri PT Adhi Karya, PT Hutama Karya, PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya dan CCC.
Gambar 2. Jembatan Suramadu |
yang diatas hanya sedikit intermezoo tentang suramadu, sekarang kita kembali lagi ke pokok bahasan.
Gambar 3. Centre Bridge Qingdao Haiwan, yang menghubungkan 3 Daerah tersebut |
Jembatan
bernama Qingdao Haiwan tersebut dibangun dua tim berbeda yang
mengerjakan sejak 2006. Pembangunan selesai pada Senin (27/12). Jembatan Qingdao Haiwan ini 4 kilometer lebih panjang dibandingkan pemegang rekor sebelumnya Lake Pontchartrain Causeway
di Negara Bagian Louisiana, AS. Diperlukan waktu empat tahun untuk
membangunnya dan media pemerintah melaporkan biaya proyek tersebut
sebesar US$1,55 miliar. Jembatan ini ditopang dengan lebih dari 5.200
tiang. Bangunan ini diharapkan dapat dipakai lebih 30 ribu kendaraan
setiap hari dan dilaporkan dapat memotong perjalanan antara Qingdao dan
Huangdao sampai 30 menit.
Anda
bayangkan saja hanya untuk menyingkat waktu 30 menit, mereka bayar
dengan harga yang sangat mahal dan ini menandakan betapa sangat berharganya waktu
bagi mereka untuk pembangunan negeri. Sedangkan di ibukota kita Jakarta
jarak 1 km bisa ditempuh 30 menit bahkan 1 jam lebih tidak mendapatkan
perhatian serius. Bagaimanakah daya saing kita dimasa depan bila begini?
TENTANG ENGINEERS CHINA dan INDONESIA
Saya
pribadi tidak terlalu heran dengan apa yang di miliki oleh orang China.
Engineers mereka punya kapasitas yang luar biasa dan mereka terjun
kelapangan dengan diajari oleh Insinyur-insinyur handal terdahulu, dan
mereka juga di bekali dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi serta Iman
dan Taqwa sesuai ajaran masing-masing sebelum mereka terjun ke lapangan
yang bisa dikatakan sangat bahaya. Tapi sikut menyikut pada Negara kita
Indonesia sepertinya masih erat terasa. "ah lu anak engineers kemarin sore, 1/4 bentang L aja lu gak tau". Begitulah kira-kira bahasa yang kerap kita dapati dilapangan jika ingin menjadi engineers. Jadi tidak heran lagi jika di Negara Indonesia banyak engineers yang lari dari status ke insinyurannya.
Insinyur
Indonesia juga sudah di kelabui dan di lalaikan dengan SKA (Surat
Keterampilan Ahli) dengan sistem pembelian dengan kata lain "Beli SKA/
Sewa SKA". Sistem beli SKA ini banyak terjadi di Indonesia bahkan di
Kota besar seperti Jakarta juga ada sistem pembelian SKA. Maka dari itu
banyak Engineers indonesia yang tidak masuk database ke insinyuran/
engineers di Indonesia.
Bandingkan dengan Engineers yang ada di China, mereka memperoleh SKA setelah mereka selesai dilakukannya Training/ pelatihan-pelatihan khusus ke insinyuran. Menurut data dari Persatuan Insinyur Indonesia, China
memegang rekor no. 1 dalam bidang ke insinyurannya. Dapat kita lihat
pada gambar grafik di bawah ini. Untuk dapat mengetahui detail insinyur
indonesia dapat mengklik bagian ini disini.
Gambar 4. Grafik Perbedaan Insinyur Indonesia dan Negara berkembang lainnya. |
Dari
grafik tersebut terlihat jelas bahwa negara Indonesia ketinggalan jauh
dalam hal ke insinyurannya. Jadi kita tidak heran Bahwa Bangsa China
lebih unggul. Mudah-mudahan penerapan Insinyur untuk masa depan lebih
dipertimbangkan lagi, dan legalitas seorang insinyur harus jelas adanya.
Karena pertanggungjawaban yang diembani seorang insinyur sangat berat.
Sebuah perusahaan ternama dan handal sekalipun, tanpa insinyur yang
bertanggungjawab tentunya perusahaan tersebut akan hancur dan tenggelam
dengan sendirinya.
Gak
mau terlalu banyak menilai, yang penting inilah kenyataan yang ada saat
ini. Semua orang juga tahu, Apa dan mengapa ini terjadi. Langsung saja,
saya akan memperlihatkan beberapa gambar yang saya ambil dari beberapa
blog/sumber tentang Jembatan terpanjang sampai saat ini.
Kalau
ada kata2 yang salah, saya mohon maaf dan tinggalkan pada comen ya.
Biar saya bisa perbaiki kesalahan saya di lain kesempatan. Terima kasih
buat pembaca blog ini, dan saya sangat berharap bisa bermamfaat bagi
kita semua.
SELAMAT BUAT PARA ENGINEERS.
Sumber :
- http://www.suramadu.com
- http://pii.or.id/i/
- http://ruanghati.com/2011/01/02/jembatan-terpanjang-di-dunia-bisa-hubungkan-3-kota-sekaligus/
- http://ustadchandra.wordpress.com/2011/07/01/melihat-dekat-jembatan-%E2%80%9Cjiaozhou-bay%E2%80%9D-424-km-terpanjang-di-dunia/
dan diambil dari beberapa sumber lainnya.
(Hargailah Karya Orang Lain, Kalian Akan Dihargai Oleh Orang Lain Tentunya)
No comments:
Post a Comment