Perencanaan geometrik adalah bagian dari perencanaan jalan yang
bersangkut paut dengan dimensi nyata dari bentuk fisik dari suatu jalan
beserta bagian-bagiannya, masing-masing disesuaikan dengan tuntutan
serta sifat-sifat lalu lintas untuk memperoleh modal layanan
transfortasi yang mengakses hingga ke rumah-rumah.
Dalam
perencanaan geometrik jalan terdapat beberapa parameter perencanaan
seperti kendaraan rencana, kecepatan rencana, volume dan kapasitas
jalan, dan tingkat pelayanan yang diberikan oleh jalan tersebut.
Parameter – parameter ini merupakan penentu tingkat kenyamanan dan
keamanan yang dihasilkan oleh suatu bentuk geometrik jalan
Dalam
menentukan trase kita akan menghadapi beberapa persoalan diantaranya
mengenai bentuk dari permukaan alam yang tidak teratur, turun naik
kemudian keadaan tanah dasar dan lain sebagainya.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan trase diantaranya yaitu :
1. Perencanaan Garis trase dibuat sependek mungkin.
2. Dipilih Route rencana jalan dipilih sedatar mungkin mengikuti garis kontur atau transis.
3.
Syarat antara sudut belokan pertama dan sudut belokan kedua diusahakan
sepanjang – panjangnya. (4,0 cm pada gambar dengan skala 1 : 10.000).
4. Perencanaan sudut belok pada masing-masing tikungan disesuaikan dengan kecepatan rencana kendaraan (Vr)
.
Walaupun
kita tahu bahwa jarak yang tersingkat untuk menghubungkan dua tempat
adalah merupakan garis lurus, tetapi dalam hai ini tidak mungkin untuk
membuat centre line selurus – lurusnya karena banyak menghadapi
rintangan – rintangan yang berupa bukit, lembah, sungai yang sukar
dilalui, maka trase jalan dibuat sedemikian rupa dengan memperhatikan
faktor keamanan dan kenyamanan pemakai jalan.
Untuk menghitung koordinat ada dua alternatif hitungan, yaitu :
1. Pengukuran lapangan langsung.
2. Perhitungan pada peta topografi.
Pada
perencanaan disini hanya akan dibahas perhitungan koordinat dari peta
topografi. Yaitu dengan cara menginterpolasi koordinat yang telah ada
pada peta topografi yaitu dengan adanya perpotongan sumbu X dan sumbu Y.
No comments:
Post a Comment