Mengubah Penyimpanan File dari Default Format Docx ke Doc dalam Ms. Word

Tulisan ini dibuat untuk menanggapi pertanyaan rekan di komentar tentang posting Vlite terdahulu, tentang installasi software otomatis setelah menginstal windows.Meski mungkin terasa telat, mudah-mudahan bermanfaat buat yang lain. Untuk memenuhi keinginan tersebut, kita harus paham dulu tentang unattended installation software. Dengan kata lain membuat installer otomatis tanpa ada interaksi dengan user selama penginstalan.

Untuk memulai hal ini, kali ini kita sedikit membedah installasi Microsoft office 2007. Yang kita perlukan adalah Installer Office 2007 yang komplit, yang saya punya kebetulan edisi enterprise 2007. Berisi 21 file dan folder, antara lain : setup, autorun, Readme, Folder Admin, Updates, dll.



Selanjutnya buka Start menu kemudian Run, atau langsung saja tekan tombol windows+R. Kemudian ketik : “Drive:lokasifolder\setup.exe” /admin kemudian enter. Sebuah jendela Office Customization Tool akan muncul dan klik OK untuk membikin sebuah file jawaban.Isilah jawaban pada setiap point, jika kurang jelas klik tanda tanya biru di pojok kanan atas untuk membuka help file.



Beberapa hal yang perlu diisi antara lain :

Setup

  • Install Location and User name : Baiknya biarin apa adanya dan isi dengan nama anda atau perusahaan.
  • Licensing and user interface : isilah nomor serial untuk office anda.
  • Centang pada I accept the terms in the License Agreement.
  • Display level : menampilkan interface pada saat penginstalan.
Full – seluruh interaksi pada saat penginstalan akan muncul
Basic – menampilkan Welcome screen, product key dan end-user license agreement serta muncul progress bar dan completion notice.
None – Tidak muncul apapun pada saat penginstalan (Silent). Kita hanya bisa melihat dari Task Manager (ctrl-Alt-Del) dari tab proses.


  • Completion notice : Menampilkan pesan bahwa installasi telah selesai.
  • Suppress modal : centang jika anda tidak menghendaki pemberitahuan pada saat install baik munculnya eror atau pemberitahuan lainnya.
Outlook


  • Jika anda menyukai pemakain POP3 pada Microsoft Outlook, anda dapat mengintegrasikannya pada installer ini juga. Yang perlu diingat adalah settingan email account yang biasa anda masukan pada Microsoft Outlook.
  • Pada Customize Outlook profile information, pilih New profile dan tulis sembarang nama yang anda pilih.
  • Add Accounts : Pilih Customize additional Outlook profile and account dan klik tab Add pilih POP3 dan next. Isi profile account anda sesuai dengan settingan yang biasa anda lakukan. Lakukan untuk yang lain, jika anda memiliki beberapa email account.



Setelah semua fila jawaban terisi, simpanlah file tersebut dengan nama UNATTENDED.msp di folder Updates di dalam file Installer office 2007 anda.Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah buka notepad dan ketik setup.exe /adminfile UNATTENDED.msp kemudian save as setup.bat pada folder yang sama dengan Setup.exe

Selanjutnya, tes eksperimen anda dengan menjalankan Setup.exe untuk mulai menginstal Microsoft Office 2007.

Setting Email Account pada Ms. Outlook

Untuk memudahkan anda yang baru belajar menseting fasilitas POP3 pada Microsoft outlook , berikut beberapa reference yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Sumber :  http://www.agussuwasono.com

No comments:

Post a Comment