Apakah Ada Jembatan Pencakar langit?


                Meluncur dalam kendaraan, di atas jembatan seraya menembus kabut tak terbang di angkasa, mungkin hanya dapat dinikmati di Le Viaduc de Millau, jembatan tertinggi di dunia yang berlokasi di Millau, Aveyron, Midi-Pyrenees, Prancis. Begitu membaca judul: Jembatan Pencakar Langir Manjalah Techno Konstruksi Edisi 5, September 2008, saya jadi bertanya dalam hati: “Apakah Ada Jembatan Pencakar Langit” di kolong langit ini? Jawabannya: “ternyata ada”, yakni Le Viaduc de Millau.
Jika Anda ingin mencoba merasakan “berjalan di atas awan” dan melihat pemandangan lembah di bawahnya, Anda dapat mengunjungi Perancis untuk menjajal jembatan tertinggi di dunia ini. Namun tentu saja tidak disarankan bagi Anda yang menderita takut (fobia) ketinggian atau lemah jantung. Let’s fly in the sky at Millau Bridge !
            Jika mendengar Gedung Pencakar Langit mungkin kita sudah terbiasa dan sangat banyak dijumpai, tetapi jika mendengar Jembatan Pencakar Langit yang mana kendaraan bermotor bisa lewat diatas awan sepertinya adalah hal yang luar biasa. Adalah Jembatan Le Viaduc de Millau namanya yang terdapat di selatan negara Perancis tepatnya di daerah Millau, région Midi Pyrénées Perancis.

Dari Wikipedia, Ensiklopedi bebas di dapat: Jembatan Millau (Bahasa Perancis: le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter (1.118 kaki); sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.
Saat melintasi jembatan ini memang terasa seperti terbang. Jembatan ini memang di desain seakan-akan yang melintasinya merasa seperti melayang di udara. Bayangkan saja jika berada di jembatan ini awan-awan yang melayang di udara sangan terlihat jelas. Jembatan ini dibangun pada tahun 2004 menghubungkan Paris dan Barcelona. Jembatan ini juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang berfungsi melindungi mobil dari hembusan angin. Benar-benar serasa seperti mimpi atau khayalan jika kamu melintas di jembatan ini.
Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 343 meter dari permukaan tanah. Jika kita bandingkan dengan menara La Tour Eiffel yang terdapat di pusat kota Paris yang memiliki ketinggian sekitar 343 meter, maka jembatan ini lebih tinggi. Jembatan ini sama saja dengan membangun 7 menara La Tour Eiffel sekaligus karena jembatan ini memiliki 7 tiang/menara sebagai penopang kekuatannya. Dirancang oleh Michel Virlogeux dan Norman Foster. Jembatan ini dibangun sejak tahun 1975 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 14 Desember 2004.
Seperti yang terlihat dalam gambar. Tapi ini wajar kok, karena Jembatan Millau ini berada di daerah pegunungan, jadi awannya memang lebih rendah. Oh iya yang membangun jembatan indah ini adalah perusahaan konstruksi Eiffage yang juga membangun Menara Eiffel. Sementara sang arsitek adalah Norman Foster.
Millau Bridge yang melintasi Sungai Tarn di pegunungan Massif Central, Perancis memang spektakuler dan gila-gilaan. Bayangkan jika kita berada pada ketinggian ratusan meter di jembatan tertinggi di dunia ini. Dengan ketinggian mencapai lebih dari 343 meter, jembatan “pencakar langit” ini mengungguli ketinggian Menara Eiffel. Jembatan berbentuk cable stayed ini berdiri indah di Lembah Tarn yang pada pagi hari selalu diselimuti oleh embun pagi.
Viaduc de Millau ini juga merupakan jembatan jalan raya tertinggi di dunia. Lokasinya di Perancis Selatan. Salah satu mahakarya anak manusia yg menakjubkan. Dibangun di atas lembah dan sungai membuat jembatan ini memiliki view yg luar biasa indah. Jembatan Millau Viaduct (bhs Perancis : le Viaduc de Millau) adalah jembatan kabel raksasa yg membentang di atas lembah sungai Tarn dekat Millau di Perancis Selatan.
Viaduc de Millau memiliki total panjang 2460 m dan lebar adalah 32 m. Terpanjang bagian antara kolom diukur 342 m. Sebagian besar adalah untuk publik membuka di Desember dari 2004 Di Di 2006 kemudian Viaduc de Millau diperoleh Penghargaan terhadap bagus konstruksi dari Internasional Asosiasi untuk Jembatan dan tanah Konstruksi IABSE. Pencipta konstruksi adalah British Arsitek Norman Foster Prancis Perancang Michel Virlogeux.
Fakta-fakta mengenai jembatan ini:1) Tiang kaki-kakinya tertinggi di dunia: tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Perancis yg sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts (141 meter), dan rekor dunia yg sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct (jerman) yg berketinggian 181 meter. 2) Tiang jembatannya tertinggi di dunia: puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2. 3) Jalan raya jembatan tertinggi di dunia: terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge (321 meter) di Colorado, Amerika, yg lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki.
Perancis itu memang hebat ya, keindahan dan teknologi selalu bertemu di negeri mode ini, ck ck ck. Setelah Pesawat Concorde, Terowongan Channel, dan Jembatan Millau, apalagi ya karya spektakuler Perancis di masa depan.

No comments:

Post a Comment