Struktur Cangkang

      Struktur kubah Masjid yang ada di sekitar kita  adalah contoh yang paling umum dari salah satu jenis struktur cangkang. Banyak bangunan mempergunakan struktur cangkang, seperti struktur bangunan Keong Mas, struktur atap gedung DPR-MPR RI dan lain-lainnya. Apasih sebenarnya struktur cangkang itu? Dan apakah kelebihannya?
Yang dimaksud dengan Struktur Cangkang adalah bentuk structural tiga dimensional yang kaku dan tipis yang mempunyai permukaan lengkung. Permukaan cangkang dapat mempunyai sembarang bentuk. Bentuk yang paling umum adalah permukaan yang berasal dari kurva yang diputar terhadap satu sumbu (misalnya, permukaan bola, elips, kerucut, dan parabola).
Cerita masalah kelebihan daripada struktur cangkang, saya kira yang paling sederhana dan setiap harinya berhadapan dengan kita apabila ingin isi perut atau makan adalah “tudung saji”. Coba perhatikan struktur tudung nasi, dengan ketebalan hanya beberapa milimeter ternyata cukup kuat untuk memikul beban dengan bentang beberapa puluh sentimeter. Walaupun material struktur itu hanya terbuat dari rotan ataupun fiber glass, bukan terbuat dari beton atau baja. kalau material itu berbentuk struktur cangkang akan mempunyai kekuatan yang luar biasa, bisa mempunyai kekutan sampai berpuluh-puluh kali lipat dibandingkan dengan struktur berbentuk datar atau rata saja.

Tudung saji dengan ketebalan tidak sampai 3 milimeter bisa memikul beban sampai dengan bentang 90 centimeter atau 900 milimeter,  jadi bisa berbentang 300 kali ketebalannya. Jadi apabila kita hendak membuat kubah dari material beton bertulang dengan ketebalan 10 centimeter saja, seharusnya kita sudah bisa membuat struktur kubah itu dengan diameter 3.000 centimeter alias 30 meter. Bandingkan apabila pelat beton dengan ketebalan yang sama    itu hanya bisa memikul beban untuk bentang 4 sampai 5 meter saja, cukup signifikan bukan?
Struktur cangkang ini akan sangat kuat untuk memikul beban terbagi rata, telur juga merupakan suatu struktur cangkang, misalnya, apabila saudara mengenggam telur ayam dengan kedua telapak tangan, coba tekan dengan sekuat tenaga, telur yang kulitnya begitu tipis itu tidak akan pecah. Tetapi struktur cangkang tidak kuat menahan beban terpusat, misalnya, saudara bisa saja mebenturkan benda padat ke salah satu titik sisi telur, maka dengan begitu mudah telur itu akan pecah.
Cerita masalah perilaku struktur. Schodek(1991) dalam bukunya banyak membahas tentang perilaku teknis struktur cangkang, mulai dari Beban-beban dan gaya-gaya kerja sampai dengan asal muasal struktur cangkang. Adapun beban-beban yang bekerja pada permukaan cangkang diteruskan ke tanah dengan menimbulkan tegangan geser, tarik, dan tekan pada arah dalam-bidang (in-plane) permukaan tersebut. Tipisnya  permukaan cangkang menyebabkan tidak adanya tahanan momen yang cukup berarti. Struktur cangkang tipis khususnya cocok digunakan untk memikul beban terbagi rata pada atap gedung. Struktur ini tidak cocok untuk memikul beban terpusat.
Sebagai akibat cara elemen struktur ini memikul beban dalam-bidang (terutama dengan cara tarik dantekan), struktur cangkang dapat dibuat sangat tipis dan mempunyai bentang relatif besar. Perbandingan bentang-tebal sebesar 400 atau 500 dapat saja digunakan, misalnya tebal 3 in (8 cm) mungkin saja digunakan untuk kubah yang berbentang 100 sampai 125 ft (30 sampai 38 meter). Cangkang demikian tipis ini menggunakan material yang relatif baru dikembangkan, misalnya beton bertulang yang didesain khusus untuk membuat permukaan cangkang.
Bentuk-bentuk tiga dimensional juga dapat dibuat dari batang-batang kaku dan pendek. Struktur demikian baru ini pertama kali digunakan pada abab XIX. Kubah Schwedler, yang terdiri atas jarring-jaring batang bersendi tak teratur, misalnya, diperkenakan pertama kali oleh Schwedler di Berlin pada tahun 1863, pada saat ia mendesain kubah dengan bentang 132 ft (48 m). Struktur baru lainnya adalah  menggunakan batang-bantang yang diletakkan pada kurva yang dibentuk oleh garis membujur dan melintang dari suatu permukaan putar. Banyak kubah besar di dunia yang menggunakan cara demikian.
  Untuk menghindari kesulitan konstruksi yang ditimbulkan dari penggunaan batang-batang yang berbeda dalam membentuk permukaan cangkang, kita dapat menggunakan cara-cara lain yang menggunakan batang-batang yang panjangnya sama. Salah satu di antaranya adalah kubah geodesik yang diperkenalkan oleh Buckminster Fuller. Karena permukaan bola tidak dapat dibuat, maka banyaknya pola berulang identik yang akan dipakai untuk membuat bagian dari permukaan bola itu terbatas. Icosohedron bola, misalnya, terdiri atas 20 segitiga yang dibentuk dengan menghubungkan lingkaran-lingkaran besar yang mengelilingi bola.
Bentuk-bentuk lain yang bukan merupakan permukaan putaran juga dapat dibuat dengan menggunakan elemen-elemen batang. Beberapa diantaranya adalah atap barrel ber rib dan atap lamella yang terbuat dari grid miring seperti pelengkung yang membentuk elemen-elemen diskret. Bentuk yang disebut terakhir ini dari meterial kayu sangat banyak dijumpai, tetapi baja maupun beton bertulang juga dapat digunakan. Dengan demikian sistem lamella, kita akan dapat mempunyai bentang yang saangat besar.

Apakah Ada Jembatan Pencakar langit?


                Meluncur dalam kendaraan, di atas jembatan seraya menembus kabut tak terbang di angkasa, mungkin hanya dapat dinikmati di Le Viaduc de Millau, jembatan tertinggi di dunia yang berlokasi di Millau, Aveyron, Midi-Pyrenees, Prancis. Begitu membaca judul: Jembatan Pencakar Langir Manjalah Techno Konstruksi Edisi 5, September 2008, saya jadi bertanya dalam hati: “Apakah Ada Jembatan Pencakar Langit” di kolong langit ini? Jawabannya: “ternyata ada”, yakni Le Viaduc de Millau.
Jika Anda ingin mencoba merasakan “berjalan di atas awan” dan melihat pemandangan lembah di bawahnya, Anda dapat mengunjungi Perancis untuk menjajal jembatan tertinggi di dunia ini. Namun tentu saja tidak disarankan bagi Anda yang menderita takut (fobia) ketinggian atau lemah jantung. Let’s fly in the sky at Millau Bridge !
            Jika mendengar Gedung Pencakar Langit mungkin kita sudah terbiasa dan sangat banyak dijumpai, tetapi jika mendengar Jembatan Pencakar Langit yang mana kendaraan bermotor bisa lewat diatas awan sepertinya adalah hal yang luar biasa. Adalah Jembatan Le Viaduc de Millau namanya yang terdapat di selatan negara Perancis tepatnya di daerah Millau, région Midi Pyrénées Perancis.

Dari Wikipedia, Ensiklopedi bebas di dapat: Jembatan Millau (Bahasa Perancis: le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter (1.118 kaki); sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.
Saat melintasi jembatan ini memang terasa seperti terbang. Jembatan ini memang di desain seakan-akan yang melintasinya merasa seperti melayang di udara. Bayangkan saja jika berada di jembatan ini awan-awan yang melayang di udara sangan terlihat jelas. Jembatan ini dibangun pada tahun 2004 menghubungkan Paris dan Barcelona. Jembatan ini juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang berfungsi melindungi mobil dari hembusan angin. Benar-benar serasa seperti mimpi atau khayalan jika kamu melintas di jembatan ini.
Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 343 meter dari permukaan tanah. Jika kita bandingkan dengan menara La Tour Eiffel yang terdapat di pusat kota Paris yang memiliki ketinggian sekitar 343 meter, maka jembatan ini lebih tinggi. Jembatan ini sama saja dengan membangun 7 menara La Tour Eiffel sekaligus karena jembatan ini memiliki 7 tiang/menara sebagai penopang kekuatannya. Dirancang oleh Michel Virlogeux dan Norman Foster. Jembatan ini dibangun sejak tahun 1975 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 14 Desember 2004.
Seperti yang terlihat dalam gambar. Tapi ini wajar kok, karena Jembatan Millau ini berada di daerah pegunungan, jadi awannya memang lebih rendah. Oh iya yang membangun jembatan indah ini adalah perusahaan konstruksi Eiffage yang juga membangun Menara Eiffel. Sementara sang arsitek adalah Norman Foster.
Millau Bridge yang melintasi Sungai Tarn di pegunungan Massif Central, Perancis memang spektakuler dan gila-gilaan. Bayangkan jika kita berada pada ketinggian ratusan meter di jembatan tertinggi di dunia ini. Dengan ketinggian mencapai lebih dari 343 meter, jembatan “pencakar langit” ini mengungguli ketinggian Menara Eiffel. Jembatan berbentuk cable stayed ini berdiri indah di Lembah Tarn yang pada pagi hari selalu diselimuti oleh embun pagi.
Viaduc de Millau ini juga merupakan jembatan jalan raya tertinggi di dunia. Lokasinya di Perancis Selatan. Salah satu mahakarya anak manusia yg menakjubkan. Dibangun di atas lembah dan sungai membuat jembatan ini memiliki view yg luar biasa indah. Jembatan Millau Viaduct (bhs Perancis : le Viaduc de Millau) adalah jembatan kabel raksasa yg membentang di atas lembah sungai Tarn dekat Millau di Perancis Selatan.
Viaduc de Millau memiliki total panjang 2460 m dan lebar adalah 32 m. Terpanjang bagian antara kolom diukur 342 m. Sebagian besar adalah untuk publik membuka di Desember dari 2004 Di Di 2006 kemudian Viaduc de Millau diperoleh Penghargaan terhadap bagus konstruksi dari Internasional Asosiasi untuk Jembatan dan tanah Konstruksi IABSE. Pencipta konstruksi adalah British Arsitek Norman Foster Prancis Perancang Michel Virlogeux.
Fakta-fakta mengenai jembatan ini:1) Tiang kaki-kakinya tertinggi di dunia: tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Perancis yg sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts (141 meter), dan rekor dunia yg sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct (jerman) yg berketinggian 181 meter. 2) Tiang jembatannya tertinggi di dunia: puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2. 3) Jalan raya jembatan tertinggi di dunia: terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge (321 meter) di Colorado, Amerika, yg lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki.
Perancis itu memang hebat ya, keindahan dan teknologi selalu bertemu di negeri mode ini, ck ck ck. Setelah Pesawat Concorde, Terowongan Channel, dan Jembatan Millau, apalagi ya karya spektakuler Perancis di masa depan.

Bentuk Agregat Menetukan Mutu Beton

Bahan batuan adalah sumber utama bahah pembuatan beton, baik yang diproses secara alamiah maupun diproses manusia dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan beton. Bahan baku yang digunakan sebagai pembuatan beton yang berasal dari batuan sering disebut sebagai ’agregat’. Agregat mempunyai peranan sangat penting terhadap harga beton maupun kualitasnya. Volume agregat biasanya  mencapai 65-75% dari volume total beton, oleh karena itu dengan menggunakan bentuk permukaan agregat yang cenderung lebih kasar semaksimal mungkin akan diperoleh mutu beton yang lebih baik.
Sifat dan karakteristik agregat sangat menentukan kualitas akhir beton yang dikerjakan.  Disamping harus dipenuhi sifat kekerasan, kepadatan, dan keawetan dari suatu agregat, bentuk permukaan agregat yang cenderung lebih kasar juga akan menghasilkan beton berkualitas tinggi, sedangkan beton yang dibuat dengan sifat sebaliknya akan menghasilkan beton berkualitas rendah.
Perkembangan dunia struktur di Indonesia khususnya di Propinsi Riau, semakin meningkat pesat dan diimbangi dengan bahan bangunan yang memiliki keunggulan-keunggulan, salah satu diantaranya yaitu struktur beton. Disini yang mempengaruhi kuat tekan beton salah satunya agregat kasar yang digunakan, yang mana agregat kasar terdiri dari batu pecah dan batu bulat (kerikil). Batu pecah bentuk permukaan butirannya relatif kasar dan sangat baik untuk mutu beton tinggi sedangkan kerikil butirannya relatif halus tidak cocok untuk mutu beton tinggi, penelitian yang cukup menarik dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil UIR, dengan mencampurkan dua agregat kasar (krikil asal Bangkinang dan Batu Pecah asal Taluk Kuatan), dimaksudkan untuk mencapai kuat tekan beton yang maksimum. Metode pencampuran beton (mix design) menggunakan mix design standar SK SNI T-15-1990-03.

Penelitian yang dilakukan disini menggunakan 5 (lima) variasi campuran yaitu, 10% kerikil 90% batu pecah, 30% – 70%, 50% – 50%, 70% – 30% dan 90% – 10%. Hasil dari penelitian tersebut kuat tekan yang dicapai yaitu, untuk campuran 10% – 90% kuat tekan yaitu 38,53 MPa, 30% – 70% = 38,25 MPa, 50% – 50% = 35,41 MPa, 70% – 30% = 35,07 MPa dan 90% – 10% kuat tekan yang dicapai 32,92 MPa. Dengan kata lain, hasil penelitian menunjukkan, kuat tekan beton cenderung bertambah seiring dengan penambahan prosentase batu pecah. Dengan campuran optimum 100% batu pecah dan 0% krikil menunjukkan kekuatan tekan beton maksimum sebesar 43,41 MPa. Hal ini merupakan pembuktian ilmiah bahwa batu pecah dengan permukaan yang semakin kasar akan mengkasilkan kekuatan tekan beton yang lebih besar.
Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Beton Fakultas Teknik Universitas Islam Riau ini, dilakukan pemeriksaan material, mix design, pembuatan benda uji, pengujian slump, pengujian berat isi dan pengujian kuat tekan. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian sebagai berikut: Semen, yaitu semen Portland tipe I (Semen Padang), Agregat Halus, dimana agregat halus berupa pasir yang diambil dari quary Teratak Buluh, Agregat Kasar, berupa kerikil yang diambil dari quary Sungai Batang Kuantan dan Batu Pecah dari Bangkinang, dan Air, diambil dari air sumur bor di Fakultas Teknik Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Dalam perhitungan hasil penelitian perencanaan mutu beton dengan menggunakan dua agregat yaitu batu pecah dan kerikil, penelitian dilakukan dengan perbandingan berapa persen batu pecah yang digunakan untuk mencapai kuat tekan optimum beton dengan mutu beton rencana fc’ = 25 MPa, kemudian melakukan perbandingan antara pelaksanan penelitian dan perhitungan (mix design) digunakan mix design standar SK SNI T-15-1990-03.
Berbagai kuat tekan beton yang dihasilkan dalam penelitian ini, menunjukkan, semakin banyak menggunakan batu pecah maka semakin tinggi kuat tekan yang dicapai, dimana 10% kerikil, 90% batu pecah kuat tekan yang dicapai sebesar 38,53 MPa, sedangkan 30%-70% kuat tekan yang dicapai sebesar 38,25 MPa, 50%-50% kuat tekannya sebesar 35,41 MPa, 70%-30% kuat tekan yang dicapai yaitu 35,07 MPa dan untuk campuran 90%-10%  kuat tekan yang dicapai yaitu 32,92 MPa, mencapai kuat tekan rencana yaitu 25 MPa, disini peneliti mengambil umur 28 hari saja.
Dengan mencampurkan kerikil Batang Kuantan dan batu pecah Bangkinang kuat tekan optimumnya yaitu pada pencampuran 10% kerikil Batang Kuantan 90% batu pecah Bangkinang, kuat tekan yang dicapai yaitu 38,53 MPa. Semakin besar berat isi beton maka semakin tinggi kuat tekan yang dicapai, dimana kuat tekan 32,92 MPa berat isi beton yaitu 2,44 kg/cm3, kuat tekan 35,07 MPa berat isi yaitu 2,49 kg/cm3, kuat tekan 35,41 MPa berat isi 2,54 kg/cm3, kuat tekan 38,25 MPa berat isi 2,58 kg/cm3 dan kuat tekan 38,53 MPa berat isi betonnya 2,62 kg/cm3. Seiring dengan penambahan persentase batu pecah kuat tekan beton cenderung bertambah, hal ini membuktikan bahwa pengaruh bentuk dan kekasaran permukaan agregat kasar (batu pecah) mempengaruhi kuat tekan beton.
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka campuran kerikil Batang Kuantan dan batu pecah Bangkinang sebaiknya digunakan untuk bangunan dengan mutu beton tinggi (kelas III) atau kuat tekan beton dengan kuat tekan karakteristik diatas 22,5 MPa seperti: bangunan bertingkat, karena kuat tekan rata-rata diatas 30 MPa. Untuk Industri beton (Ready Mix), bahwa pencampuran kerikil dengan batu pecah bisa digunakan untuk beton mutu tinggi dengan tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas dari beton tersebut. Untuk mendapatkan mutu beton yang lebih baik lagi disarankan agar memperhatikan beberapa faktor seperti Faktor Air Semen (FAS), kualitas agregat kasar, kualitas agregat halus, pengujian material, pengecaoran beton, serta pemadatan.

Trik Download Banyak Part dengan IDM


kali ini saya tidak share tentang software atau game, tapi  saya share sebuah trik dengan menggunakan IDM yang akan memudahkan anda dalam mendownload File yang di Pisah atau di split menjadi banyak part yang terkadang membuat anda malas untuk mendownloadnya, Mungkin cara satu ini sudah banyak yang tahu dan anda selalu menggunakan cara ini untuk mendownload suatu file besar ,dengan banyak part,tapi yang belum tahu bisa simak trik berikut ini :



1. Download Software atau game nya harus di sofshare.blogspot.com (ga harus juga sih :D) :
    - Misalnya mendownload English Language pack untuk rosseta stone dari sofshare.blogspot.com
    - klik link downloadnya :



2.Setalah itu akan masuk ke link download file :
    filenya terdiri dari lima part,jadi kita download yang part 1 dulu :

3.Download File tersebut
   saat IDM muncul jangan dulu pilih start download,tapi pilih download later





4.setelah mengklik download later ,akan  muncul kotok add files to queue
   nah disampingnya kan ada icon plus (+),klik icon tersebut,dan akan muncul kotak memasukan nama Daftar tunggunya,untuk lebih memudahkan  berinama sesuai nama file yang di download,dan klik ok

5.nah setelah itu kembali ke link download sebelumnya untuk mendownload part2
- download seperti cara sebelumnya,nah saat muncul idm,pilih lagi download later
- Di kotak add files to queue pilih daftar tunggu yang sudah di buat sebelumnya,agar satu folder dengan file
  part1


6.Setelah itu Buka IDM anda,
pilih menu download,lalu klik Scheduler

7.saat menu scheduler muncul,pilih nama daftar file yang sudah anda buat sebelumnya :

Saya contohkan ada 2 part dulu,
di bawah ada pilihan start now,klik pilihan start now tersebut,dan hasilnya adalah :

Part1 mulai di download oleh IDM,dan setelah part1 selesai,maka idm akan otomatis mendownload file part2 dan seterusnya sampai semua file di daftar tunggu yang  anda buat terdownload semua.

jadi sekarang anda tinggal tidur atau pergi keluar rumah,dan downloadan akan terus berjalan tanpa anda harus menunggu setiap part selesai didownload dan anda harus mendownload part lain,karena IDM akan otomatis mendownload setiap part yang sudah anda jadwalkan.